Cara Menghitung Ongkos Kirim

150 150 admin

Ongkos kirim adalah biaya yang harus anda bayarkan ketika anda menggunakan jasa pengiriman barang.

ongkos kirimPerhitungan ongkos kirim berdasarkan dari biaya per kilogram dari barang anda. Perusahaan Ekspedisi biasanya akan mengeluarkan ongkos kirim akan berdasarkan pada faktor berikut:

  • Jarak antara asal pengiriman dan tujuan pengiriman
  • Tingkat kesulitan pada saat mengirimkan barang
  • Banyaknya volume barang yang akan dikirim ke tempat tujuan
  • Model handling, apakah port to port, door to door, port to door atau door to port

Dari keempat faktor tersebut, maka perusahaan ekspedisi akan mengeluarkan daftar harga pengiriman barang yang dikalkulasikan berdasarkan perhitungan berat.

di dalam perhitungan berat atau yang dikenal dengan chargeable weight, akan dijadikan patokan untuk perhitungan ongkos kirim. Untuk menentukan chargeable weight maka dilakukan perhitungan dengan menimbang berat dari barang tersebut. Akan tetapi akan ada pengecualian pada barang yang besar atau volume barang yang besar. Ada perhitungan untuk melakukan konversi dari volume tersebut ke pada chargeable weight.

Pengenaan perhitungan biaya akan dikenakan pada total berat yang terbesar. Oleh sebab itu kita sering mendapatkan ongkos kirim dengan perhitungan berat yang tidak sesuai dengan dengan berat aktualnya. Misal kita mengirim kerupuk yang notabene tidak berat dengan asumsi hanya 1 kilogram, tetapi dikenakan biaya lebih dari itu.

Berikut contoh perhitungannya

Misal kita mengirimkan kerupuk matang dalam kemasan kardus dari Surabaya ke Jakarta

Perhitungan:

  • Total berat kemasan : 1 kg
  • Ukuran kemasan: 38 x 29 x 28 cm

Perusahaan akan melihat ongkos kirim dari sisi berat atau sisi volume dengan acuan yang mana yang lebih besar. Jika barang yang akan dikirim tidak berat, maka akan dilakukan perhitungan volume yang kemudian akan dikonversi ke dalam satuan berat.

Berikut perhitungannya:
(38 x 29 x 28) / 6000 = 5 KG

Dalam perhitungan di atas, perusahaan ekspedisi akan menghitung ongkos kirim dengan acuan 5 kg

Demikian cara perhitungan ongkos kirim yang diterapkan oleh perusahaan ekspedisi pengiriman barang di Indonesia.