Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Jenis-jenis transportasi pengiriman barang cargo

  • February 9, 2017
150 150 Tiga Permata Ekspres

Barang cargo dan ekspedisi | Jasa pengiriman barang cargo dan ekspedisi

Melayani jasa pengiriman barang cargo dan ekspedisi via darat, laut dan udara

barang cargoPengiriman barang melalui udara mengkhususkan diri untuk memberikan jasa pengiriman dengan pesawat terbang. Ketepatan waktu menggunakan jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen libur nasional seperti lebaran, tahun baru dan natal. Pada situasi pick season seperti itu, biasanya pengiriman pesawat terbang mengalami overload, sehingga mengurangi performa service cargo. Tarif pengiriman barang melalui udara termasuk tarif yang paling mahal.

Pengiriman barang melalui kereta express adalah perusahaan jasa cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express. Kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan gerbong barang cargo di bagian belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa di andalkan. Ada juga jenis pengiriman barang dengan kereta parcel (kereta barang). Bedanya dengan kereta express, kereta ini tidak memiliki gerbong penumpang. Jadi, seluruh gerbongnya adalah gerbong barang.

Pengiriman barang menggunakan truk termasuk transportasi yang sering digunakan dalam pengiriman barang via darat. Istilah lain yang sering digunakan adalah trucking. Perusahaan-perusahaan jasa ekspedisi pengiriman barang banyak yang suatu jasa cargo yang memanfaatkan jasa truck sebagai moda angkutan pengiriman barang. Cargo jenis ini performa ketepatan waktu kurang bagus, karena sangat tergantung oleh man power (sopir), armada truck, dan kepadatan di jalan raya. Pengiriman jenis ini cocok untuk barang-barang yang tidak diperlukan sampai dengan segera (bukan kategori barang yang harus segera sampai / urgent).

Pengiriman barang via laut menggunakan jasa kapal cargo sebagai transportasi untuk pengiriman barang cargo. Performa tentang kecepatan dan ketepatan waktu adalah paling rendah dibandingkan dengan jenis transportasi yang lain. Walaupun begitu moda transportasi ini memiliki tarif pengiriman paling murah, dibandingkan moda transportasi diatas. Kelebihannya, pengiriman cargo dengan kapal dapat menjangkau pulau-pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut dengan tarif yang lebih kompetitif.