Cara Packing Barang Cargo

Packing barang cargo

Tips Packing barang cargo – Jasa packaging dan pengiriman barang via darat, laut dan udara

packing barang cargoKeamanan dan kondisi barang saat proses pengiriman merupakan sesuatu yang sangat penting. Metode dan pemilihan kemasan atau material packaging yang kurang tepat sangat beresiko. Selain mempengaruhi kondisi kemasan, juga akan berdampak pada kondisi barang di dalamnya.

Banyak hal-hal yang terjadi saat proses pengiriman barang dan kebanyakan terjadi diluar prediksi. untuk mengantisipasi  resiko kerusakan barang saat pengiriman, diperlukan cara packing dan pemilihan material packing yang tepat. Berikut ini sedikit tips mengenai bagaimana cara packing barang cargo dari Tiga Permata Ekspres, jasa pengiriman barang cargo via darat, laut dan udara.

  1. Kenali jenis barang
    Berbeda jenis barang, berbeda pula perlakuan dan pengemasannya. Informasikan dengan benar jenis barang yang akan dikirimkan kepada agen pengiriman untuk mengurangi resiko saat pengiriman.
  2. Pakai bubble wrap untuk bungkus dalam
    Sebelum dimasukkan kedalam pembungkus, kardus misalnya, bungkus barang terlebih dahulu dengan bubble wraping. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi lecet akibat resiko benturan. Terutama untuk barang elektronik.
  3. Sesuaikan ukuran barang dengan pembungkus
    Usahakan jangan ada longgar di dalam pengkungkus. Hal ini dapat menghindari kondisi kardus yang peyok jika terjadi benturan. Ganjal dengan sterofoam, kardus, kertas atau bend alain untuk mengisi ruang yang longgar.
  4. Gunakan wraping plastic atau lakban bening untuk bungkus luar
    Cara ini dapat menghindarkan barang dari resiko yang rentan basah. Dengan wraping plastic atau lakban bening, alamat dan instruksi yang tertempel pada kemasan masih dapat terbaca.
  5. Konsultasikan dengan agen pengiriman
    Agen pengiriman tentu sudah sangat berpengalaman mengenai bagaimana meminimalisir resiko kerusakan barang saat pengiriman. Konsultasikan dengan agen pengiriman untuk jenis packing. Terutama untuk barang pecah belah dan botol kaca.
  6. Gunakan pallet atau peti kayu
    Pengiriman barang dalam jumlah banyak biasanya barang akan dibungkus per part kemudian dijadikan satu pallet atau dimasukkan ke dalam peti kayu. Selain aman, packing ini juga memudahkan proses loading in dan loading out barang dari armada pengiriman.

 

ekspedisi