Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Langkah Pencegahan Pembajakan Truk

  • January 28, 2016
150 150 Tiga Permata Ekspres

Pembajakan truk di Indonesia saat ini masih kerap terjadi. Banyak faktor penyebabnya. Salah satunya adalah masih banyak infrastruktur jalan yang belum memadai.

pembajakan trukSalah satu langkah untuk mengatasi aksi pembajakan truk yang kerap terjadi ini adalah dengan menghimbau para pengusaha untuk mewaspadai dan mengasuransikan barang yang diangkutnya. Aksi pembajakan masih mengintai di Indonesia, mengingat masih banyaknya infrastruktur jalan di Indonesia yang belum memadai, misalnya penerangan jalan. Kondisi tersebut memudahkan sejumlah aksi kejahatan seperti pembajakan dan perusakan barang kiriman.

Oleh karena itu perlu peningkatan keamanan dan kerjasama pengawasan menggunakan media teknologi informasi. Hal ini perlu dilakukan mengingat aksi pembajakan truk ini dilakukan dengan sangat terorganisasi.

Jaminan keamanan barang  sangat penting guna memastikan barang yang dikirim sampai ke tujuan. Akan tetapi peningkatan keamanan barang jangan dijadikan alasan untuk membuat biaya logistik naik.

Berikut beberapa modus pembajakan  truk:

  1. Pelaku kejahatan bertindak seperti petugas keamanan yang melakukan razia. Setelah kendaraan dihentikan, pelaku mengambil alih truk dan meninggalkan supir dan kondekturnya di pinggir jalan.
  2. Dengan menggunakan kendaraan yang lebih kecil, pelaku memepet truk dan menyandera supir dan kondekturnya . Selanjutnya pelaku menguras muatan truk

Beberapa langkah untuk mencegah terjadinya pembajakan  truk:

  1. memasang alat pelacak / GPS (Global Positioning System) di kendaraan.
  2. mengikut sertakan  petugas keamanan untuk mengawal muatan
  3. menghubungi kepolisian jika truk dibajak.